Rabu, 10 September 2014

laporan pemantapan kemampuan mengajar ut


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat taufik dan hidayah-Nya, sehingga Laporan Pemantapan Kemampuan Belajar Mengajar ( PKM ) ini dapat terselesaikan dengan baik, sehingga dapat terciptanya Mahasiswa sebagai Pengajar dan Pendidik yang Profesional
            Seperti apa yang telah kita ketahui bersama bahwa S1 PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka ( FKIP – UT ) ialah agar para mahasiswanya mampu berperan sebagai guru yang profesioanl.   Keprofesionalannya guru tercermin dalam proses pembelajaran di kelas dengan menerapkan berbagai konsep pembelajaran dan kaidah-kaidah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ). Dalam mengatasi dan memperbaiki masalah pembelajaran yang dihadapi dalam kelas
            Mengingat begitu pentingya PKM bagi seorang guru maka penyusun berusaha menyusun  laporan PKM ini dengan harapan dapat dijadikan sebagai panduan guru untuk meningkatkan kerpofesionalan dalam kegiatan belajar mengajar. Penyusun menyadari bahwa terselesainya laporan ini , tidak lepas dar bantuan beberapa pihak. Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan ini penyusun ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Yang terhormat Bapak Kepala UPBJJ UT Makassar
2.      Yang terhormat Bapak H.Mashuda  selaku pengelola Universitas Terbuka.
3.      Yang terhormat Bapak Drs.Iskandar,AP,M.si selaku pembimbing yang mengarahkan Mahasiswa PKM
4.      Yang terhormat Bapak Drs.Ramli Ali selaku Kepala SDN 86 Talotenreng
5.      Yang terhormat Bapak Ibu Guru SDN 86 Talotenreng
6.      Yang tersayang siswa-siswi SDN 86 Talotenreng
7.      Bapak dan ibuku yang telah memberikan nasehat dan dukungan penuh serta do’anya dalam menyelesaikan laporan ini
            Penyusun telah berupaya menyelesaikan penyusunan laporan PKM ini dengan sebaik-baiknya. Namun penulis menyadari banyak kekurangan didalamnya untuk itu penyusun mengharapkan saran dan kritik dari pembaca dan penilai, sehingga laporan ini akan tampil lebih sempurna dan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Wajo, 17 Mei 2014
                                                                                                                  Penulis


                                                                                                                  SITTI AISYAH
DAFTAR ISI

Halaman Judul                                                                                                                           i
Kata Pengantar                                                                                                                           ii
Daftar Isi                                                                                                                                    iii
BAB  I        Pendahuluan                                                                                                            1
A.       Latar Belakang Penulisan Laporan PKM                                                          1
B.       Tujuan Penulisan Laporan PKM                                                                       1
C.       Gambaran Umum Isi Laporan                                                                          2
D.       Tempat dan Waktu Pelaksanaan PKM                                                              2
BAB  II                     Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran                                                      3
BAB  III      Kesimpulan                                                                                                             9
Form Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD                                                       10
Lampiran – Lampiran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Lembar Refleksi
APKG 1
APKG 2          











  
Kepada
Yth. Kepala UPBJJ UT MAKASSAR
Di Tempat


Surat Kesediaan menjadi Teman Sejawat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                   : RESKI HENDRIANI
Asal dari Sekolah : SDN 86 Talotenreng
Alamat Sekolah    : Paoramba  Kel. Talotenreng Kec. Sabbangparu

Dengan ini menyatakan bersedia menjadi teman sejawat yang akan memeriksa dan memberi masukan terhadap rencana pembelajaran serta mengamati praktik pembelajarannya sebanyak 8 kali dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar), yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibawah ini.

Nama                   : SITTI AISYAH
NIM                     : 822020212

Demikian, Surat Ketersediaan menjadi Teman Sejawat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


                                                                                               Paoramba, 23 April 2014
                            `                                                                 Teman Sejawat,




                                                                                               RESKY HENDRIANI















Kepada
Yth. Kepala UPBJJ UT MAKASSAR



Surat Rekomendasi Kepala Sekolah

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                   : Drs.RAMLI ALI
Kepala Sekolah    : SDN 86 TALOTENRENG
Alamat Sekolah    : Paoramba Kel. Talotenreng Kec.Sabbangparu

Dengan ini menyatakan bahwa teman sejawat yang bernama RESKY HENDRIANI  dapat membantu dan melakukan pengamatan dan memberikan masukan perbaikan terhadap kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut ini.

Nama Mahasiswa : SITTI AISYAH
NIM                     : 822020212

Demikian surat kesediaan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.



                                                                                               Paoramba, 23 April 2014
                                                                                               Kepala Sekolah SDN 86 Talotenreng




                                                                                               Drs.RAMLI ALI
                                                                                               (NIP.19601231 197910 1 037)


Kepada
Yth. Kepala UPBJJ UT MAKASSAR
Di Tempat


Surat Kesediaan menjadi Teman Sejawat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                   : RESKI HENDRIANI
Asal dari Sekolah : SDN 86 Talotenreng
Alamat Sekolah    : Paoramba  Kel. Talotenreng Kec. Sabbangparu

Dengan ini menyatakan bersedia menjadi teman sejawat yang akan memeriksa dan memberi masukan terhadap rencana pembelajaran serta mengamati praktik pembelajarannya sebanyak 8 kali dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar), yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibawah ini.

Nama                   : SITTI AISYAH
NIM                     : 822020212

Demikian, Surat Ketersediaan menjadi Teman Sejawat ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


                                                                                               Paoramba, 23 April 2014
                            `                                                                 Teman Sejawat,




                                                                                               RESKY HENDRIANI















Kepada
Yth. Kepala UPBJJ UT MAKASSAR



Surat Rekomendasi Kepala Sekolah

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                   : Drs.RAMLI ALI
Kepala Sekolah    : SDN 86 TALOTENRENG
Alamat Sekolah    : Paoramba Kel. Talotenreng Kec.Sabbangparu

Dengan ini menyatakan bahwa teman sejawat yang bernama RESKY HENDRIANI  dapat membantu dan melakukan pengamatan dan memberikan masukan perbaikan terhadap kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut ini.

Nama Mahasiswa : SITTI AISYAH
NIM                     : 822020212

Demikian surat kesediaan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.



                                                                                               Paoramba, 23 April 2014
                                                                                               Kepala Sekolah SDN 86 Talotenreng




                                                                                               Drs.RAMLI ALI
                                                                                               (NIP.19601231 197910 1 037)
BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar belakang pembuatan laporan
Program pengajaran adalah suatu rencana pelaksanaan proses belajar mengajar yang didasarkan atas pertimbangan tujuan yang ingin dicapai, bahan, metode, alat, alokasi waktu dan evaluasi agar siswa menguasai proses belajar dan hasil belajar yangoptimal.Peningkatan kualifikasi pendidikan guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional mengajar. Guru dalam hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien mengaktifkan siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar, merefisi pembelajaran agar lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan managerial yang harus dilakukan secara profesional. Sebab yang siswa terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan ketrampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata kuliah. proses pembentukan ketrampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan ketrampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula.

2.      Tujuan pembuatan laporan
Laporan ini disusun bertujuan untuk :
1.      Syarat yang harus ditempuh dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1) PGSD melalui Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar.
2.      Untuk memperbaiki kesalahan teoritis melalui temuan praktik langsung.
3.      Untuk menambah wawasan calon guru/guru dengan metode dan teknik – teknik mengajar terkini yang sedang dilaksanakan.
4.      Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
5.      Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam keguruan sebagai pendidik yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi.



3.      Gambaran umum isi laporan
           Secara umum laporan ini berisi tentang temuan-temuan yang didapatkan setelah melaksanakan praktek pembelajaran yang berupa kelemahan, kekuatan penulis dalam melaksanakan pembelajaran, faktor-faktor penyebabnya. Serta langkah-langkah yang akan diambil dalam proses pembelajaran selanjutnya agar hasil pembelajaran bisa lebih baik.

       Jadwal Kegiatan PKM
Tanggal
Praktek mengajar
Acara
21 April  2014
RPP 1
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
21 April 2014
RPP 2
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
24 April 2014
RPP 3
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
25 April 2014
RPP 4
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
26 April 2014
RPP 5
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
30 April 2014
RPP 6
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
30 April 2014
RPP 7
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
3 Mei 2014
RPP 8
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
3 Mei 2014
RPP 9
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
7 Mei 2014
RPP 10
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
10 Juni 2014
RPP 11
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 258 TEDDAOPU
10 Juni 2014
RPP 12
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 258 TEDDAOPU




BAB II
TEMUAN-TEMUAN DALAM  PEMBELAJARAN
1.      PERTEMUAN 1
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahan saya adalah dalam penggunaan waktu yang ternyata kurang
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan antusias dari siswa
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Sebab ketika saya memberikan tanya jawab kepada siswa dengan memberikan contoh lingkungan sekitar sekolah dan rumahnya, mereka sangat antusias
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
2.      PERTEMUAN 2
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan waktu
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Antusisme siswa dengan pembelajaran yang saya sampaikan sangat berkesan
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
3.      PERTEMUAN 3
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahan saya adalah dalam penggunaan waktu yang ternyata kurang
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Karena keterbatasan waktu, lebih berhati-hati dalam menyusun kegiatan pembelajaran
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Materi dan penjelasan yang saya terapkan mudah dipahami oleh siswa saya
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat namun mudah dipahami siswa saya
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
4.      PERTEMUAN 4
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kendala saya biasa nya pada media ( media kurang ) sehingga siswa agak susah menerima materi
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Untuk memperbaikinya dengan meragakan media yang diperlukan
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, serta penilaian
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran karena siswa sangat antusias mengikuti kegiatan belajar, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa karena mereka mengikuti pelajaran dengan baik dan menanggapi pertanyaan dengan semangat, serta penilaian yang saya berikan memuaskan mereka.
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
5.      PERTEMUAN 5
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada pengelolaan kelas dan penggunaan waktu
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, serta penilaian.
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran karena siswa sangat antusias mengikuti kegiatan belajar, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa karena mereka mengikuti pelajaran dengan baik dan menanggapi pertanyaan dengan semangat
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
6.      PERTEMUAN 6
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan waktu.
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat namun mudah dipahami siswa saya.
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
7.      PERTEMUAN 7
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan waktu.
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat namun mudah dipahami siswa saya.
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
8.      PERTEMUAN 8
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada pengelolaan kelas dan penggunaan waktu
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, serta penilaian
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran karena siswa sangat antusias mengikuti kegiatan belajar, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa karena mereka mengikuti pelajaran dengan baik dan menanggapi pertanyaan dengan semangat
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
9.      PERTEMUAN 9
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan waktu.
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat namun mudah dipahami siswa saya
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir
10.  PERTEMUAN 10
a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan waktu
b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa.
d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat namun mudah dipahami siswa saya.
e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas
f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran berakhir






























BAB III
KESIMPULAN

1.      Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah
Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah pada penataan alokasi waktu pembelajaran dan media pembelajaran.

2.      Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah
Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah kurangnya waktu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan juga karena keterbatasan sarana dan prasarana  .

3.      Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah
Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan dalam pemilihan media pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran serta penguasaan materi pembelajaran

4.      Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah
Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah karena media pembelajaran yang saya pergunakan dapat membantu siswa lebih cepat memahami materi pelajaran, pemilihan metode pembelajaran juga sangat mendukung keberhasilan proses pembelajaran serta penguasaan materi yang saya lakukan menentukan keberhasilan proses pembelajaran

5.      Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan
Berdasarkan pada kelemahan dan kelebihan yang ditemukan saat melakukan pembelajaran maka berbagai langkah perbaikan yang telah di tempuh adalah dengan pemilihan metode dan strategi pembelajaran yang mampu mengendalikan kelas dan penataan kegiatan yang efektif diantaranya adalah metode diskusi, demontrasi, tanya jawab, ceramah, inkuiri serta metode-metode yang lainnya yang di pandang dapat menggugah keaktifan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran sehingga kelas menjadi hidup dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran.






FORM KELENGKAPAN BERKAS TUGAS MATA KULIAH PKM PGSD


Kode Mata Kuliah      : PDGK 4209
Nama Mahasiswa        : Sitti Aisyah
UPBJJ-UT                   : 80/Makassar
Masa Ujian                  : 2014.1


No
Jenis Berkas
Target
Kelengkapan
Jumlah yang
Dikumpulkan
Mahasiswa
1.
RPP
12
12
2.
Lembar Refleksi
12
12
3.
Instrumen penilaian APKG 1
12
12
4.
Instrumen Penilaian APKG 2
12
12


                                                                                                                        

Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 86 Talotenreng





Drs.RAMLI ALI
NIP. 19601231 197910 1 037
Wajo, 17 Mei 2014

Mahasiswa





SITTI AISYAH
NIM. 822020212




4 komentar:

  1. contoh lembar refleksi bisa dishare ga mba

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah sangat membantu,

    BalasHapus
  3. Contoh lembar refleksi dan observasi gak ada ya

    BalasHapus
  4. Casinos Near Bryson City, NC - Mapyro
    Search 광양 출장샵 for Casinos Near Bryson City, 광명 출장안마 NC in Bryson 서산 출장샵 City, NC. 태백 출장마사지 Search for casinos near Bryson 진주 출장샵 City, NC in Bryson City, NC.

    BalasHapus