KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb
Alhamdulillah
puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat taufik dan
hidayah-Nya, sehingga Laporan Pemantapan Kemampuan Belajar Mengajar ( PKM ) ini
dapat terselesaikan dengan baik, sehingga dapat terciptanya Mahasiswa sebagai
Pengajar dan Pendidik yang Profesional
Seperti apa yang telah kita ketahui
bersama bahwa S1 PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka
( FKIP – UT ) ialah agar para mahasiswanya mampu berperan sebagai guru yang
profesioanl. Keprofesionalannya guru tercermin dalam proses pembelajaran di
kelas dengan menerapkan berbagai konsep pembelajaran dan kaidah-kaidah
Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ). Dalam mengatasi dan memperbaiki masalah
pembelajaran yang dihadapi dalam kelas
Mengingat begitu pentingya PKM bagi
seorang guru maka penyusun berusaha menyusun
laporan PKM ini dengan harapan dapat dijadikan sebagai panduan guru
untuk meningkatkan kerpofesionalan dalam kegiatan belajar mengajar. Penyusun menyadari bahwa terselesainya laporan ini ,
tidak lepas dar bantuan beberapa pihak. Sehubungan dengan hal tersebut, pada
kesempatan ini penyusun ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Yang terhormat Bapak Kepala UPBJJ
UT Makassar
2.
Yang terhormat Bapak H.Mashuda selaku pengelola Universitas Terbuka.
3.
Yang terhormat Bapak Drs.Iskandar,AP,M.si
selaku pembimbing yang mengarahkan Mahasiswa PKM
4.
Yang terhormat Bapak
Drs.Ramli Ali selaku Kepala SDN 86 Talotenreng
5.
Yang terhormat Bapak Ibu Guru SDN 86
Talotenreng
6.
Yang tersayang siswa-siswi SDN 86
Talotenreng
7.
Bapak dan ibuku yang telah memberikan nasehat dan dukungan penuh serta
do’anya dalam menyelesaikan laporan ini
Penyusun telah berupaya
menyelesaikan penyusunan laporan PKM ini dengan sebaik-baiknya. Namun penulis
menyadari banyak kekurangan didalamnya untuk itu penyusun mengharapkan saran
dan kritik dari pembaca dan penilai, sehingga laporan ini akan tampil lebih
sempurna dan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb
Wajo, 17 Mei 2014
Penulis
SITTI AISYAH
DAFTAR ISI
Halaman Judul i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I Pendahuluan 1
A. Latar Belakang Penulisan Laporan PKM 1
B. Tujuan Penulisan Laporan PKM 1
C. Gambaran Umum Isi Laporan 2
D. Tempat dan Waktu Pelaksanaan PKM 2
BAB II Temuan-Temuan
Dalam Pembelajaran 3
BAB III Kesimpulan 9
Form Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD 10
Lampiran – Lampiran
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Lembar Refleksi
APKG 1
APKG 2
Kepada
Yth. Kepala UPBJJ
UT MAKASSAR
Di Tempat
Surat
Kesediaan menjadi Teman Sejawat
Saya yang bertanda
tangan di bawah ini:
Nama : RESKI HENDRIANI
Asal
dari Sekolah : SDN 86 Talotenreng
Alamat
Sekolah : Paoramba Kel. Talotenreng Kec. Sabbangparu
Dengan
ini menyatakan bersedia menjadi teman sejawat yang akan memeriksa dan memberi
masukan terhadap rencana pembelajaran serta mengamati praktik pembelajarannya
sebanyak 8 kali dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar), yang
akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibawah ini.
Nama : SITTI AISYAH
NIM : 822020212
Demikian,
Surat Ketersediaan menjadi Teman Sejawat ini
dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Paoramba,
23 April 2014
` Teman
Sejawat,
RESKY
HENDRIANI
Kepada
Yth.
Kepala UPBJJ UT MAKASSAR
Surat
Rekomendasi Kepala Sekolah
Saya
yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Drs.RAMLI ALI
Kepala
Sekolah : SDN 86 TALOTENRENG
Alamat
Sekolah : Paoramba Kel. Talotenreng
Kec.Sabbangparu
Dengan
ini menyatakan bahwa teman sejawat yang bernama RESKY HENDRIANI dapat membantu dan melakukan pengamatan dan
memberikan masukan perbaikan terhadap kemampuan dalam merancang dan
melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut ini.
Nama
Mahasiswa : SITTI AISYAH
NIM : 822020212
Demikian
surat kesediaan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Paoramba,
23 April 2014
Kepala
Sekolah SDN 86 Talotenreng
Drs.RAMLI
ALI
(NIP.19601231
197910 1 037)
Kepada
Yth. Kepala UPBJJ
UT MAKASSAR
Di Tempat
Surat
Kesediaan menjadi Teman Sejawat
Saya yang bertanda
tangan di bawah ini:
Nama : RESKI HENDRIANI
Asal
dari Sekolah : SDN 86 Talotenreng
Alamat
Sekolah : Paoramba Kel. Talotenreng Kec. Sabbangparu
Dengan
ini menyatakan bersedia menjadi teman sejawat yang akan memeriksa dan memberi
masukan terhadap rencana pembelajaran serta mengamati praktik pembelajarannya
sebanyak 8 kali dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar), yang
akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibawah ini.
Nama : SITTI AISYAH
NIM : 822020212
Demikian,
Surat Ketersediaan menjadi Teman Sejawat ini
dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Paoramba,
23 April 2014
` Teman
Sejawat,
RESKY
HENDRIANI
Kepada
Yth.
Kepala UPBJJ UT MAKASSAR
Surat
Rekomendasi Kepala Sekolah
Saya
yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Drs.RAMLI ALI
Kepala
Sekolah : SDN 86 TALOTENRENG
Alamat
Sekolah : Paoramba Kel. Talotenreng
Kec.Sabbangparu
Dengan
ini menyatakan bahwa teman sejawat yang bernama RESKY HENDRIANI dapat membantu dan melakukan pengamatan dan
memberikan masukan perbaikan terhadap kemampuan dalam merancang dan
melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut ini.
Nama
Mahasiswa : SITTI AISYAH
NIM : 822020212
Demikian
surat kesediaan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Paoramba,
23 April 2014
Kepala
Sekolah SDN 86 Talotenreng
Drs.RAMLI
ALI
(NIP.19601231
197910 1 037)
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar belakang pembuatan laporan
Program pengajaran adalah suatu rencana pelaksanaan proses belajar mengajar
yang didasarkan atas pertimbangan tujuan yang ingin dicapai, bahan, metode,
alat, alokasi waktu dan evaluasi agar siswa menguasai proses belajar dan hasil
belajar yangoptimal.Peningkatan kualifikasi pendidikan guru diharapkan mampu
meningkatkan kemampuan profesional mengajar. Guru dalam hal ini sangat penting
dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah
dilakukan. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa,
mengambil keputusan yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif
dan efisien mengaktifkan siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar,
merefisi pembelajaran agar lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan
managerial yang harus dilakukan secara profesional. Sebab yang siswa terima
dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam
kehidupan selanjutnya.
Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan
ketrampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang mantap
yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata kuliah. proses
pembentukan ketrampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar haruslah dilakukan
secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan ketrampilan dapat dipantau
secara bertahap dan sistematis pula.
2.
Tujuan pembuatan laporan
Laporan ini
disusun bertujuan untuk :
1.
Syarat yang
harus ditempuh dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1) PGSD melalui Mata
Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar.
2.
Untuk
memperbaiki kesalahan teoritis melalui temuan praktik langsung.
3.
Untuk
menambah wawasan calon guru/guru dengan metode dan teknik – teknik mengajar
terkini yang sedang dilaksanakan.
4.
Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran secara efektif dan efisien.
5.
Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam keguruan sebagai pendidik yang
mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi.
3.
Gambaran umum isi laporan
Secara
umum laporan ini berisi tentang temuan-temuan yang didapatkan setelah
melaksanakan praktek pembelajaran yang berupa kelemahan, kekuatan penulis dalam
melaksanakan pembelajaran, faktor-faktor penyebabnya. Serta langkah-langkah
yang akan diambil dalam proses pembelajaran selanjutnya agar hasil pembelajaran
bisa lebih baik.
Jadwal
Kegiatan PKM
Tanggal
|
Praktek
mengajar
|
Acara
|
21 April 2014
|
RPP 1
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
21 April 2014
|
RPP 2
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
24 April 2014
|
RPP 3
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
25 April 2014
|
RPP 4
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
26 April 2014
|
RPP 5
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
30 April 2014
|
RPP 6
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
30 April 2014
|
RPP 7
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
3 Mei 2014
|
RPP 8
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
3 Mei 2014
|
RPP 9
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
7 Mei 2014
|
RPP 10
|
Mahasiswa melaksanakan PKM
di SDN 86 Talotenreng dengan Teman Sejawat
|
10 Juni 2014
|
RPP 11
|
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 258 TEDDAOPU
|
10 Juni 2014
|
RPP 12
|
Mahasiswa melaksanakan PKM di SDN 258 TEDDAOPU
|
BAB II
TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN 1
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahan
saya adalah dalam penggunaan waktu yang ternyata kurang
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa
memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi
tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat
tanggapan antusias dari siswa
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Sebab ketika saya memberikan tanya jawab kepada siswa
dengan memberikan contoh lingkungan sekitar sekolah dan rumahnya, mereka sangat
antusias
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah
satu keunikan di kelas.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran
pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
2.
PERTEMUAN 2
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan
waktu
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa
memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi
tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab
yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Antusisme
siswa dengan pembelajaran yang saya sampaikan sangat berkesan
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah
satu keunikan di kelas.
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
3.
PERTEMUAN 3
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahan
saya adalah dalam penggunaan waktu yang ternyata kurang
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Karena keterbatasan waktu, lebih berhati-hati dalam
menyusun kegiatan pembelajaran
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Materi dan
penjelasan yang saya terapkan mudah dipahami oleh siswa saya
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya
menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat namun mudah dipahami siswa saya
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah
satu keunikan di kelas.
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
4.
PERTEMUAN 4
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kendala saya biasa nya pada media ( media kurang )
sehingga siswa agak susah menerima materi
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Untuk memperbaikinya dengan meragakan media yang
diperlukan.
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran,
komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, serta penilaian
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Kekuatannya
terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran karena siswa sangat
antusias mengikuti kegiatan belajar, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa
karena mereka mengikuti pelajaran dengan baik dan menanggapi pertanyaan dengan
semangat, serta penilaian yang saya berikan memuaskan mereka.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah
satu keunikan di kelas.
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
5.
PERTEMUAN 5
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada pengelolaan kelas dan penggunaan waktu
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa
memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi
tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran,
komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, serta penilaian.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran karena
siswa sangat antusias mengikuti kegiatan belajar, komunikasi dan pendekatan
terhadap siswa karena mereka mengikuti pelajaran dengan baik dan menanggapi
pertanyaan dengan semangat
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah
satu keunikan di kelas.
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran
berakhir
6.
PERTEMUAN 6
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan waktu.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa
memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi
tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab
yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya
menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat namun mudah dipahami siswa saya.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa
berbeda ini salah satu keunikan di kelas
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
7.
PERTEMUAN 7
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan waktu.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa
memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin lain waktu saya bisa lebih konsentrasi
tidak hanya pada materi tapi juga waktu yang tersedia.
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab
yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat
namun mudah dipahami siswa saya.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa
berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
8.
PERTEMUAN 8
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada pengelolaan
kelas dan penggunaan waktu
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin
lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu
yang tersedia
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kekuatannya terdapat pada penggunaan
metode dan teknik pembelajaran, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, serta
penilaian
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Kekuatannya terdapat pada penggunaan
metode dan teknik pembelajaran karena siswa sangat antusias mengikuti kegiatan
belajar, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa karena mereka mengikuti
pelajaran dengan baik dan menanggapi pertanyaan dengan semangat
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa
berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
9.
PERTEMUAN 9
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan waktu.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin
lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu
yang tersedia.
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab
yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat
namun mudah dipahami siswa saya
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa
berbeda ini salah satu keunikan di kelas
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
10. PERTEMUAN
10
a. Kelemahan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Kelemahannya terdapat pada penggunaan
waktu
b. Kelemahan tersebut terjadi karena
Kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, mungkin
lain waktu saya bisa lebih konsentrasi tidak hanya pada materi tapi juga waktu
yang tersedia.
c. Kelebihan yang saya temukan
selama proses pembelajaran adalah:
Tanya jawab
yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Saya menjelaskan materi tidak bertele-tele singkat
namun mudah dipahami siswa saya.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah
Penerimaan atau daya tangkap siswa
berbeda ini salah satu keunikan di kelas
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode yang variatif.
g. Dan seterusnya hingga tugas
pembelajaran berakhir
BAB
III
KESIMPULAN
1.
Secara umum kelemahan
pembelajaran yang saya lakukan adalah
Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya
lakukan adalah pada penataan alokasi waktu pembelajaran dan media pembelajaran.
2.
Secara umum penyebab kelemahan
tersebut adalah
Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah
kurangnya waktu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan juga karena
keterbatasan sarana dan prasarana .
3.
Secara umum kelebihan
pembelajaran yang saya lakukan adalah
Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya
lakukan dalam pemilihan media pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran serta
penguasaan materi pembelajaran
4.
Secara umum penyebab kelebihan
tersebut adalah
Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah
karena media pembelajaran yang saya pergunakan dapat membantu siswa lebih cepat
memahami materi pelajaran, pemilihan metode pembelajaran juga sangat mendukung
keberhasilan proses pembelajaran serta penguasaan materi yang saya lakukan
menentukan keberhasilan proses pembelajaran
5.
Rangkuman perbaikan pembelajaran
yang telah dilakukan
Berdasarkan pada kelemahan dan kelebihan yang
ditemukan saat melakukan pembelajaran maka berbagai langkah perbaikan yang
telah di tempuh adalah dengan pemilihan metode dan strategi pembelajaran yang
mampu mengendalikan kelas dan penataan kegiatan yang efektif diantaranya adalah
metode diskusi, demontrasi, tanya jawab, ceramah, inkuiri serta metode-metode
yang lainnya yang di pandang dapat menggugah keaktifan dan kreativitas siswa
dalam pembelajaran sehingga kelas menjadi hidup dan siswa aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
FORM KELENGKAPAN BERKAS TUGAS MATA
KULIAH PKM PGSD
Kode Mata
Kuliah : PDGK 4209
Nama
Mahasiswa : Sitti Aisyah
UPBJJ-UT : 80/Makassar
Masa Ujian : 2014.1
No
|
Jenis Berkas
|
Target
|
Kelengkapan
Jumlah yang
Dikumpulkan
Mahasiswa
|
1.
|
RPP
|
12
|
12
|
2.
|
Lembar Refleksi
|
12
|
12
|
3.
|
Instrumen penilaian APKG 1
|
12
|
12
|
4.
|
Instrumen Penilaian APKG 2
|
12
|
12
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah SDN 86 Talotenreng
Drs.RAMLI
ALI
NIP.
19601231 197910 1 037
|
Wajo, 17 Mei 2014
Mahasiswa
SITTI
AISYAH
NIM.
822020212
|
contoh lembar refleksi bisa dishare ga mba
BalasHapusTerima kasih sudah sangat membantu,
BalasHapusContoh lembar refleksi dan observasi gak ada ya
BalasHapusCasinos Near Bryson City, NC - Mapyro
BalasHapusSearch 광양 출장샵 for Casinos Near Bryson City, 광명 출장안마 NC in Bryson 서산 출장샵 City, NC. 태백 출장마사지 Search for casinos near Bryson 진주 출장샵 City, NC in Bryson City, NC.